Apakah Investasi yang Dianjurkan Robo Itu Baik? Inilah Penjelasannya!

Bibit.id
3 min readJul 16, 2021

Di aplikasi Bibit memang ada fitur Robo Advisor yang bisa memandumu memulai investasi reksadana. Robo Advisor sendiri yakni sebuah fitur dari Bibit yang dapat membantu para investor terutama investor pemula untuk menjalankan investasi reksadana dengan baik. Pertanyaannya apakah investasi yang dianjurkan robo itu baik? Begini penjelasannya.

Penggunaan Fitur Robo Advisor Secara Umum

Seperti disebutkan sebelumnya bahwa Robo Advisor ini merupakan fitur dari Bibit untuk mempermudah investor, terutama investor pemula dalam menjalankan investasi reksadana. Dari sini maka secara umum atau secara garis besarnya fitur Robo Advisor memiliki banyak kegunaan dan manfaat bila digunakan. Dengan Robo Advisor maka investor pemula yang masih bingung akan dibantu untuk menyeimbangkan aset yang akan dialokasikan sesuai dengan kriteria dan kondisi yang dihasilkan dari jawaban pertanyaan yang anda jawab.

Apakah Harus Menggunakan Robo Advisor?

Lalu karena punya kegunaan untuk memudahkan menjalankan investasi reksadana, apakah harus menggunakan Robo Advisor? Jawabannya adalah tidak harus. Sebab bila kamu sudah ahli dan sudah paham seluk beluk investasi reksadana dengan beragam strateginya, maka kamu bisa tidak menggunakan fitur Robo Advisor dan memilih cara tersendiri.

Robo Advisor pada umumnya memang lebih diperuntukkan untuk para investor pemula yang baru memulai dan mengalami kebingungan dalam menjalankan investasi reksadana.

Cara Mulai Berinvestasi untuk Investor Pemula

Nah buat kamu yang masih pemula, maka tak perlu khawatir lgi ketika berinvestasi reksadana di Bibit. Kamu tinggal mengikuti beberapa langkah ini agar investasimu tetap menguntungkan.

1. Pertama, kamu ikuti rekomendasi robo advisor. Di sini robo akan mencoba mengetahui dulu karaktermu untuk mendapatkan profil risiko yang ada pada dirimu. Setelah itu robo akan membantu memilih atau melakukan seleksi jenis reksadana terbaik yang sesuai dengan profil risiko mu tadi.

2. Setelah kamu mendapatkan memilih jenis reksadana dari saran robo maka kamu tinggal menabung secara rutin. Nabung rutin memang akan menjadi kunci sukses investor jangka panjang tanpa harus menentukan waktu yang tepat.

Lebih Tinggi Risiko, Lebih Tinggi Cuannya

Dalam rekomendasi Robo sendiri ada beberapa pilihan yakni rekomendasi robo profil konservatif, rekomendasi robo profil moderat dan rekomendasi robo profil agresif. Dari ketiga pilihan rekomendasi ini terlihat bahwa rekomendasi agresif punya risiko yang lebih tinggi. Namun kamu harus paham bahwa dalam investasi reksadana berlaku prinsip semakin tinggi risiko maka semakin tinggi peluang cuannya, dan sebaliknya.

Maka bila kamu memilih rekomendasi konservatif maka saat pasar turun kamu akan terhindar dari risiko kerugian yang besar. Namun saat pasar pulih kembali kamu harus merelakan potensi cuan yang lebih besar. Biasanya pilihan rekomendasi konservatif ini cocok untuk tujuan investasi jangka pendek (kurang dari 1 tahun). Namun bila kamu memiliki tujuan investasi jangka panjang maka (5 hingga 10 tahun), maka pilihan rekomendasi agresif akan tepat untuk dipilih.

Baca juga artikel kita tentang strategi reksadana saat turun yang tepat dijalankan di sini.

Itulah penjelasan dan jawaban mengenai pertanyaan apakah investasi yang dianjurkan Robo itu baik atau tidak? Dari sini terlihat bahwa penggunaan fitur Robo Advisor pada aplikasi Bibit sejatinya baik dan tepat bila kamu memang merupakan seorang investor pemula. Sebab dengan memanfaatkan Robo Advisor maka kamu tidak perlu lagi ketakutan dengan risiko kerugian serta bisa mendapatkan peluang untung dari investasi reksadana yang dijalankan. Tapi ingat bahwa untuk memperoleh keuntungan dari investasi dengan menggunakan Robo Advisor ini kamu harus menerapkan tips yang telah dijelaskan sebelumnya ya.

--

--

Bibit.id

Investasi Reksadana Untuk Pemula. Terdaftar dan diawasi oleh OJK. Download: https://bibit.app.link/medium